Sabtu, 24 Maret 2012

Netscape #inetdasar


Netscape

      Merupakan peramban web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft , yang dibuat oleh Netscape Corporation . Pada zamannya , Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa peramban web berbaris grafis yang lainnya saat itu . Netscape tersedia dalam platfrom windows 16-bit (Win16) , Windows 32-bit (Win32) , UNIX serta Macintosh . Netscape Navigator merupan permban web yang di buat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA) , karena memang pembuat NCSSA (Marc Andressen ) adalah pendiri Netscape Corporation . Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator , Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet yang disebut sebagai Netscape Communicator yang menggabungkan Navigator , klien e-mail , editor halaman web, dan aplikasi lainnya .
     
  Pada tahun 1999 NEtscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL) dan proyek Gecko yang sedang di buat oleh Netscape pun dibuat kode seumber terbukanya setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org . Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah peramban web yang merupakan gagasan bagi peramban Mozilla Firefox
          Setelah betahun-tahun internal dari AOL berupaya untuk menghidupkan kembali Netscape Navigator , Akhirnya mereka tidak bethasil melakukannya kerena pangsa pasar Netscape dikalahkan oleh Mircosoft Internet Explorer dukungan untuk Netscape pin akhirnya hanya terbatas oleh segelintir insiyur yang membuat sebuah add-on skin(perangkat lunak tambahan pemasang kuliat ) untuk Mozilla Firefox , disamping itu AOL mengalihkan fokus bisnisnya ke iklan berbasis web . Fokusnya AOL  pada bisnis dan suksesnya peramban Mozilla Firefox , membuat AOL mersa inilah saat yang tepat untuk mengakhiri dukungan terhadap Netscape Navigator , AOL menghentikan dukungan untuk Netscape Navigator pada tanggal 1 Maret 2008 dan kemudian menyerahkan kendali Netscape sepenuhnya kepada Mozilla Foundation .

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Netscape_Navigator 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar