Sabtu, 13 Juni 2015

8 Semester Softskill

           Sudah 8 semester saya mendapatkan matakuliah softskill ini, Pada semester ke 6 dosen softskill saya bilang "banyak orang yang memiliki hardskill yang bagus namun tidak memiliki softskill" karena softskill itu merupakan sikap sesorang , hardskill didapatkan dari pembelajaran.
        
        Sofskill adalah kompetensi intrapersonal, yaitu kemampuan kita untuk mengenal dan mendendalikan diri sendiri yang tidak terlihat bentuknya . Kemampuan Anda mengenali diri dan mengendalikannya serta kunci membuat seluruh aktifitas kehidupan Anda menjadi lebih berkualitas adalah kemampuan Anda bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. . Sedangkan hardskill disini artinya adalah
merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Hardskill adalah keterampilan teknis yang melekat atau dibutuhkan untuk profesi tertentu.Softskill mencerminkan perilaku seseorang dalam keseharian dan hardskill apa yang telah dipelajari dibangku pendidikan . Hardskill bisa didapatkan dengan giat belajar namun softskill tidak karena perilaku itu tidak didapatkan dari pembelajaran jadi softskill bisa dibilang mencermikan kemampuan tambahan dari seseorang yang berupa sikap

             Mata kuliah softskill yang pernah kami ambil dalam menempuh bangku perkuliahan :

·        Ilmu sosial dasar
·        Ilmu budaya dasar
·        Teori organisasi umum
·        Teori organisasi umum 2
·        Bahasa indonesia 1
·        Bahasa indonesia 2
·        Pengantar telematika
·        Etika & profesionalisme TSI

            Dari kedelapan mata kuliah softskill , mata kuliah softskill Teori oraganisasi umum dan Teori oraganisasi Umum 2  di karenakan nantinya saya akan bekerja sebagai karyawan atau pengusaha yang dimana materi pada mata kuliah tersebut sangat mengena, Yang mana nantinya akan mendapatkan ruang lingkup baru bisa dibilang Organisasi disana harus mampu memanajemen diri sendiri, tata kerja untuk mencapai tujuan .

             Pada saat menjadi karyawan nanti pastinya bertemu dengan bermacam macam karakter orang yang nantinya akan menjadi rekan kerja dan dituntut untuk bekerja sama, kemudian datang permasalahan  baik dari rekan kerja atau pekerjaan yang mana harus dapat diselesesaikan denga cepat agar pekerjaan menjadi optimal, namun tak selamanya akan menjadi karyawan , menjadi wirausaha salah satunya karena menjadi wirausaha sukses atau tidaknya ditentukan oleh ketekunan dan kemauan dan juga menjadi wirasuaha dapat menyerap tenaga kerja.

            Modal yang tidak dipunyai serta pengalaman yang kurang, awalnya menjadi karyawan setelah pengalaman serta modal yang didapatkan dari gaji selama menjadi karyawan lalu membuat usaha . mungkin selama bekerja nantinya ada ide yang didapatkan untuk memulai usaha nanti tak dipungkiri juga akan betah menjadi karyawan namun akan melakukan usaha sampingan, usaha sampingan ini bisa dibilang menanamkan modal ke kerabat yang mau buka usaha karena tidak dapat terjun langsung setidaknya dapat merasakan wirausaha walau tidak langsung . 

         Demikian tulisan mengenai tugas softskill  Jadi jangan hanya mengerjar hardskill saja, tapi tingkatkan juga softskill anda. Karena softskill juga berperan penting dalam kehidupan profesi ataupun kehidupan sehari-hari anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar