Minggu, 30 Maret 2014

Perkembangan Konsul game

Generasi Pertama

Generasi pertama ini merupakan konsol keluaran pertama bulan Agustus tahun 1972 (ya iyalah masa generasi pertama keluaran ketiga). Konsol ini dinamai Maganavox Odyssey dengan game yang hanya bersuara "Pong", sesuai suaranya game ini dinamai Pong, game sport berwarna hitam dengan garis putih-putih. Tapi banyak juga game-game lainnya, dengan total 27 game. Konsol ini merupakan konsol analog dimana pada saat itu, TV masih berupa analog TV. 


Generasi Kedua

Di era selanjutnya, merupakan era dimana 8 bit mulai diciptakan. Dimulai pada tahun 1976-1982, banyak video game konsol bermunculan, bukan hanya Magnavox saja. Tapi, seperti Fairchild Channel F dan juga Radofin 1292. Di zaman ini, ATARI mulai menguasai game konsol generasi kedua tahun 1982. Konsol pertama yang dirilis ATARI pada saat itu adalah ATARI 5200. Dengan gamenya Space Invaders dimana musuhnya menjadi logo ikonik para gamers.

Generasi Ketiga

Di era ini tepatnya tahun 1983 ATARI mulai terkalahkan dengan konsol keluaran FAMICOM yang pada akhirnya dikenal sebagai Nintendo Entertainment System diseluruh dunia. Walaupun generasi konsol sebelumnya menggunakan 8-bit prosesor, pada generasi inilah dimana label "bit" dikenalkan oleh mereka sebagai konsol rumahan. Pada era ini juga diperkenalkan game dengan grafis 16-bit, game dengan grafis tersebut seperti The Border Lands (generasi pertamanya loh!!) Super Mario Bros 2 dan Mortal Kombat. Di Amerika, generasi ini dikuasai oleh FAMICOM atau Nintedo. Pada generasi ini juga pengembang game Super Mario bertarung sengit melawan Sonic The Hedgehod.

Generasi Keempat 

Generasi keempat keluar pada tahun 1988 dimana Nintendo dan SEGA saling berperang satu sama lain dengan game konsol yang dibawanya. Pada tahun 1988 SEGA mengeluarkan SEGA Mega Drive atau biasa SEGA Genesis. Konsol ini menyejikan grafis yang lebih tajam dan halus dibandingkan dengan NES. Namun NES tetap bertahan dengan angka penjualan yang tinggi. Pada akhirnya Nintendo tahun 1990 mengeluarkan konsol generari penerus NES yaitu SNES atau Super Nintendo Entertainment System. Dengan embel-embel "Super" dapat meyakinkan pengguna SEGA beralih ke SNES. 

Generasi Kelima 

Dimulai pada tahun 1994 - 2001 dengan dirilisnya konsol SEGA yaitu SEGA Saturn. Pada generasi ini prosesor 32-Bit mulai dikembangkan. Sony juga mengeluarkan generasi PS atau PlayStation pertama yaitu Playstation One dengan game kesukaan SkyNanner yaitu DRIVER. Nintendo juga mengeluarkan Nintendo 64 dengan game besutannya yaitu Super Mario 64. Mada generasi ini juga Cartridge mulai tergantikan oleh CD dengan kecepatan Read and Write super. 

Generasi Keenam

Generasi ini dimulai pertama kali pada tahun 1998. Dimana pada tahun ini Nintendo mengeluarkan Nintendo GameCube tapi sudah didiscontinued tahun 2007. Playstation sudah memasuki generasi Ke-dua sampai pada akhirnya di"matikan" produksinya oleh Sony tahun 2013 kemaren. Sega Dreamcast juga diselesaikan oleh SEGA tahun 2001. Microsoft juga ikut berkolaborasi dibidang gaming dengan menciptakan Xbox generasi pertama yang dirilis tahun 2001 (sama seperti GameCube) tapi Xbox dimatikan dan diagntikan oleh Xbox 360 tahun 2008. Generasi ini juga dikenal dengan generasi 128-Bit. Pada generasi ini perang konsol oleh Sony dan Microsoft mengakibatkan jatuhnya Sega. Dan pada akhirnya SEGA mengundurkan diri dari pembuatan game dan lebih konsentrasi dibidang developing game. Nanti di tahun ini SEGA bakal ngeluarin Yakuza Ishin.

Generasi Ketujuh

Nah generasi ini dimulai tahun 2005-Now generasi ini dimulai ketika Microsoft meluncurkan seri Xbox terbaru yaitu Xbox 360 tahun 2005. Diikuti oleh Sony PS3 dan Nintendo Wii. Keduanya dirilis di tahun 2006. Pada generasi ini CD kepingan biasa mulai tergantikan oleh Blu-Ray yang harganya lebih mahal. Dan resolusi TV pada PS3 menggunakan Full HD, X360 menggunakan HD dan Wii menggunakan 480p. Pada generasi ini controllernya memakai wireless bluetooth. Tapi berbeda dengan Nintendo Wii dimana controllernya a.k.a Wiimote memakai infrared (inilah mengapa Wii memakai sensor bar dan ketika dihalangi akan menganggu sinyal. Pada tahun 2010 Sony mengeluarkan aksesoris PS3 yaitu Playstation move seperti halnya Wiimote pada Wii. Tapi lebih canggih lagi adalah Kinect untuk XBox 360 dimana pengguna sebagai controllernya. Pada generasi ini juga dikembangkan sistem permainan Online. Sistem online pada Xbox 360 adalah Xbo Live, sedangkan pada PS3 adalah PSN
Di generasi ini Xbox 360 dan PS3 mengalami perubahan seri tiap tahunnya. Xbox 360 seri terbaru adalah seri E dan PS3 seri terbaru adalah seri Super Slimzz (pake Z) . Playstation Portable atau PSP juga termasuk dalam era ini

Generasi Kedelapan

Generasi ini dimulai pada tahun 2012 (bukan 2013) kemaren. Generasi kedelapan atau biasa disebut Next-Gen adalah generasi penerus kesuksesan PS3 yang digantikan oleh PS4, Xbox 360 digantikan oleh Xbox One dan tidak lupa Wii tergantikan oleh Wii U dengan gamepad. Generasi ini dijamin akan mengungguli kesuksesan generasi sebelumnya dengan bukti angka penjualan dalam 24 jam sudah terjual 1 juta unit oleh Xbox One dan PS4. Generasi ini AMD mulai digunakan pada konsol next gen tersebut. nVidia selaku pembuat grafis card pada generasi sebelumnya merasa kecewa, hal ini membuat nVidia mulai membuat kartu grafis powerful untuk PC sehingga lebih mengungguli konsol next-gen. Maka lahirlah Steam Machine yang dikembangkan oleh Valve selaku pembuat "media sosial" game ternama di PC yaitu Steam. Playstation Vita juga merupakan generasi ini


http://veggavcd.blogspot.com/2014/01/sejarah-perkembangan-video-game-konsol.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar